Pelatihan Operasi Boiler Bagi Dosen Teknik Kimia

Pelatihan berjudul “Operasi Boiler Kelas 2” merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat Pengembangan Sumber Data Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) yang beralamat di Jalan Sorogo No. 1, Kampungbaru, Karangboyo, Kec. Cepu, Kab. Blora, Jawa Tengah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sumber data manusia melalui pelatihan dan sertifikasi bagi Dosen di lingkungan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik UPN “Veteran” Jawa Timur sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi UPN “Veteran” Jawa Timur. Pelatihan sendiri dilaksanakan selama tiga hari pada 13-15 Juni 2022 secara daring maupun luring. Peserta berasal dari kalangan Dosen Program Studi Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur berjumlah dua orang, yaitu Renova Panjaitan, ST, MT dan AR. Yelvia Sunarti, ST, MT.

Pada Hari Senin, 13 Juni 2022 dilaksanakan kegiatan berupa pemberian materi oleh pihak PPSDM MIGAS Cepu. Materi pada hari pertama terbagi menjadi tiga, yaitu: Boiler dan Operasinya oleh Bapak Soegianto, A.Md, Fungsi Appendages Boiler oleh Bapak Soegianto, A.Md, dan materi terakhir Pengolahan Air Umpan oleh Bapak Agus Sgiharto, ST, MT. Ketiga materi tersebut disampaikan secara daring melalui Aplikasi Zoom.

Hari selanjutnya, yaitu pada Selasa 14 Juni 2022 dilaksanakan pemberian materi yang terbagi menjadi empat, yaitu: Pengolahan Air Umpan oleh Bapak Agus Sgiharto, ST, MT, Sistem Perawatan Boiler oleh Bapak Mochamad Rochim, ST, Bahan Bakar dan Pembakaran oleh Bapak Mochamad Rochim, ST dan materi terakhir Sistem Kelistrikan dan Instrumental Boiler oleh Bapak Mochamad Rochim, ST.

Materi pada hari ketiga terbagi menjadi dua, yaitu Sistem Kelistrikan dan Instrumentasi Boiler oleh Bapak Mochamad Rochim, ST, yang kemudian dilanjutkan dengan materi Praktik Boiler oleh Bapak Soegianto, A.Md. Pelatihan ditutup dengan kegiatan uji kompetensi berupa ujian tulis, wawancara dan praktik pada Hari Kamis, 16 Juni 2022.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat menambah wawasan bagi Dosen Program Studi Teknik Kimia mengenai pengoperasian boiler, sebagai salah satu instrumen penting dalam industri kimia, dan menularkan kepada peserta didik (mahasiswa) khususnya di lingkungan Program Studi Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur.

[gtranslate]